Oleh: Dr. Septiana Agustin, S.Pd.,M.Pd.
Z-Generation merupakan generasi di bawah milineal yang kerap kali disebut generasi Strawberry. Salah satu sifat yang menjadi keunikan mereka adalah kreatif, inovatif, dan percaya diri. Generasi muda ini memiliki kreativitas luar biasa, khususnya di bidang teknologi informasi maupun komunikasi. Mereka mampu beradaptasi dengan cepat bahkan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan ragam aksi cipta dan karya yang memukau dunia. Anak-anak yang hidup di era digital ini terbiasa dengan segala sesuatu yang serba instant dan tidak monoton. Mereka terpacu untuk lebih memusatkan diri pada hal-hal baru, yang membuat mereka selalu up to date dengan perkembangan zaman. Maka, tidak heran jika banyak diantara mereka yang memiliki kecerdasan melebihi tahap usia perkembangan yang seharusnya. Dengan modal percaya diri dan rasa ingin tahu yang tinggi, generasi Z ini tidak hanya bertindak sebagai follower namun juga mampu menjadi influencer dan creator.
Generasi Strawberry adalah sebutan lain dari generasi Z. Mereka memiliki ciri khas yang berbeda dari generasi sebelumnya. Selain melek teknologi, mereka juga memiliki antusias yang besar untuk bersaing di tengah kompetisi global. Meski tergolong muda, daya juang mereka untuk terus bereksplorasi sangatlah tinggi. Pun, tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan income pribadi. Ragam hiburan dan ilmu pengetahuan serta inovasi baru yang mereka ciptakan mampu menjadikan motivasi tersendiri bagi kaum seusia mereka yang belum mengikuti arus perkembangan di zaman ini. Munculnya karya inovatif dari para generasi muda yang bernilai jual tinggi akan menjadi sebuah kegerakan dan gebrakan baru di peradaban dunia saat ini. Generasi Z atau generasi Strawberry memiliki ciri khas tersendiri, baik itu gaya bahasa, cara berkomunikasi, dan juga kreativitasnya.
Tanpa disadari, hingga saat ini sudah banyak perkembangan di dunia hiburan, musik, berita, film, IPTEK, serta berbagai konten yang dikemas secara apik dan menarik. Melalui media sosial, generasi Z terus melakukan jejaring untuk menambahkan komunitas sekaligus kualitas pergaulan mereka. Dalam kurun waktu yang belum lama mereka sudah banyak memberikan dampak dan pengaruh di lingkup yang sangat luas. Perubahan demi perubahan terus dilakukan, sehingga mereka menjadi icon kemajuan dalam peradaban dunia. Mereka terus memperkaya diri dengan ragam ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah memiliki akun media sosial lebih dari satu. Hal ini dilakukan untuk berbagai tujuan yang menguntungkan bagi mereka. Namun demikian, hal semacam ini sering disalahartikan oleh para generasi sebelumnya. Mereka berasumsi bahwa generasi muda saat ini banyak yang bermalas-malasan. Aktivitas mereka hanya menggunakan jemari tangan dengan posisi santai di tempat yang nyaman bagi mereka. Maka, tidak jarang anak muda zaman sekarang sering disebut sebagai kaum rebahan.
Istilah Gen-Z menjadi viral karena banyak diperbincangkan di kalangan publik. Mulai dari hal-hal positif hingga pengaruh negatif dari generasi muda ini. Jika ditelisik lebih dalam lagi, generasi Z merupakan deretan andal yang sebetulnya layak mendapatkan apresiasi. Mereka berupaya untuk tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi yang marak di kalangan anak muda seluruh dunia. Sebutan sebagai generasi Strawberry juga menjadi spesial karena memang mereka tampil dengan ragam rupa dan gaya yang memesona. Ibarat buah Strawberry berwarna merah yang sedap dipandang mata. Baik pemuda maupun pemudi yang bertumbuh dan berkembang di zaman ini sangat bersemangat untuk menjadi trendsetter di tengah generasi mereka. Oleh karena itu, setiap pencapaian mereka layak untuk dibanggakan dan diberi pujian, khususnya dari circle atau lingkungan terdekat dengan mereka.
Para pendidik dan orang tua yang hidup di era ini seharusnya merasa senang dan bangga, karena memiliki anak-anak yang tergolong limited edition. Sebagai orang terdekat, pengamat, pendamping, dan penanggungjawab mereka, sudah selayaknya menghargai, mendukung, dan memfasilitasi segala sesuatu yang menjadi kebutuhan mereka. Tidak menutup kemungkinan juga memberdayakan potensi dan talenta yang mereka miliki untuk kepentingan yang bermanfaat. Generasi Z sudah membawa banyak perubahan dalam perkembangan dan kemajuan di dunia khususnya perkembangan ilmu pengetahuan, keterampilan, serta teknologi informasi dan komunikasi. Tidak terbatas hanya melek, namun mereka mampu menguasai dengan bebas dan tanpa batas.
Banyak hal baru yang bisa dipelajari dari generasi Z, khususnya tentang pemanfaatan media sosial melalui pembuatan konten-konten yang menarik, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial. Melalui media sosial, juga terdapat banyak fitur penjualan, iklan, konten hiburan, promosi produk, dan publikasi apapun yang dapat digunakan sebagai pendukung sarana berkomunikasi. Tidak perlu malu, rendah diri, dan merasa tidak mampu sebelum mencoba dan mau berusaha. Generasi Z tampil membawa sebuah prinsip baru bagi generasi muda saat ini, yaitu tidak hanya kerja keras tapi juga kerja cerdas. Tidak perlu membuang banyak waktu, tenaga, dan pikiran, bahkan sampai menguras kantong pribadi. Sebaliknya, dengan prinsip kerja cerdas semua yang sulit dapat dikerjakan tanpa berbelit dan justru dapat membawa banyak keuntungan yang kian melejit. Salam perubahan dari kaum rebahan.